6 Perbedaan Vendor dan Supplier yang Harus Anda Ketahui


Meskipun fungsinya sama dengan sumber daya, ada beberapa perbedaan penjaja Dan pemasok Yang penting kamu tahu. penjaja Dan pemasok Hal tersebut harus dipahami oleh pelaku komersial yang terkait langsung dengan proses rantai pasok barang dan jasa. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempelajari selengkapnya di bawah ini.

perbedaan antara penjaja Dan pemasok

1. Perbedaan pemahaman

Perbedaan pertama makna antara keduanya dapat dilihat. penjaja Pihak, perorangan dan lembaga/perusahaan yang misinya menyediakan barang dan jasa kepada pihak lain. penjaja Dalam kegiatan tersebut akan berhubungan langsung dengan pendistribusian dan pembelian barang dari produsen ke konsumen.

ketika pemasok Pihak dapat berupa perorangan, organisasi atau perusahaan yang menyediakan bahan/jasa produksi kepada perusahaan tertentu yang selanjutnya akan diolah dan didistribusikan kepada konsumen melalui distributor dan juga penjaja.

2. Perbedaan hubungan dalam bisnis

Aktivitas penjual akan berhubungan langsung dengan konsumen/pengguna sementara pemasok Ini akan terhubung dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Jadi bisa dikatakan hubungan bisnis pemasok Dengan perusahaan/pihak lain yang lebih besar dari penjaja.

3. Tim tautan rantai pasokan

Jika dilihat dari posisinya dalam rantai pasok/manajemen pasokan, Anda juga dapat melihat perbedaannya dengan jelas penjaja Dan pemasok. Penjual adalah yang kedua setelah konsumen dalam rantai pasokan. Ini jelas berbeda dari sumber pertama.

4. Perbedaan tujuan

Perbedaan lain dari penjaja Dan pemasok Ini adalah tujuan dari kegiatan yang dilakukan. Vendor bertujuan untuk menyediakan barang dan jasa dan menjualnya kepada konsumen akhir. ketika pemasok Entitas yang menyediakan barang dan jasa dan menjualnya kepada perusahaan yang membutuhkan untuk dijual kembali selanjutnya.

5. Perbedaan kuantitas produk

Umumnya penjaja Ini hanya akan memasok dan menjual produknya dalam jumlah kecil dari waktu ke waktu. Ini berbeda dengan pemasok yang menyediakan atau memasok jenis barang atau jasa tertentu kepada produsen dalam jumlah besar.

6. Perbedaan risiko

Perbedaan dalam hal risiko yang mungkin Anda hadapi penjaja Dan pemasok Sesuatu yang perlu diperhatikan kemudian. Karena jumlah persediaan yang relatif sedikit, dan barang dipasok berdasarkan permintaan konsumen, itulah resiko yang harus dihadapi penjaja Di tempat kerja juga kurang. Sementara itu, risiko yang akan dihadapi pemasok Lebih besar karena produksi dilakukan dalam jumlah banyak.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai perbedaannya penjaja Dan pemasok Yang bisa kamu pelajari dari sekarang. Meskipun ada perbedaan, penjaja Dan pemasok Ini memiliki peran penting dalam rantai pasokan bisnis. Jika Anda ingin menjalankan dan mengembangkan bisnis di bidang supply chain seperti: penjaja Dan pemasokPenting untuk memiliki modal yang cukup. Untuk memperoleh tambahan modal usaha, Anda dapat mengajukan pinjaman kepada investor yang disahkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree adalah jembatan yang menyatukan Anda sebagai peminjam (Peminjam) dan pemberi pinjaman )pemberi pinjaman). Selain proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan suku bunga dan biaya yang kompetitif berdasarkan Sistem peringkat kredit modern Mulai dari 1% per bulan. Daftarkan Investree sekarang dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal tersebut, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan lancar dan optimal.

Referensi:

Administrator Rederp. 29 Januari 2020. Kenali dengan jelas perbedaan antara vendor dan pemasok. Rederp.co.id: https://bit.ly/3lxtlST

Sengketa pemasok dan pemasok. Pengadaan.web.id: https://bit.ly/3Gl9kat