Mengenal Pengertian Opportunity Cost Beserta Fungsinya


Kemungkinan biaya Ini adalah kekurangan atau kesempatan yang hilang ketika Anda memilih satu opsi di atas yang lain. Juga dikenal sebagai biaya peluang atau biaya peluang, jenis biaya ini sangat umum di bidang keuangan dan Anda harus mempertimbangkannya sebelum memutuskan suatu opsi.

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa setiap keputusan harus memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda perlu tahu apa yang harus dikorbankan saat memilih opsi. Pada saat yang sama, ini juga membantu untuk memilih keputusan yang memberikan lebih banyak manfaat dan pengembalian untuk mengurangi kerugian.

Opportunity cost tidak hanya dapat diterapkan pada bisnis, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya ada biaya jujur Dan implisit. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Meminta Kemungkinan biaya Dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari

Dalam bisnis, contoh biaya peluang adalah ketika Anda berniat untuk membuat anak perusahaan baru. Misalnya, opsi yang tersedia ada di Kota A dan Kota B. Dan Anda hanya ingin membuat satu cabang di salah satu kota ini. Tentunya sebelum mengambil keputusan, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang bisa didapatkan.

Misalnya di Kota A biaya mendirikan anak perusahaan jauh lebih murah, tetapi di sisi lain pasarnya tidak seramai di Kota B. Tentu saja, Anda akan menghadapi kerugian alih-alih mendapatkan keuntungan yang besar.

Sementara di kota B lebih mahal untuk membangun, tetapi sisi baiknya, pasar di kota ini sangat ramai. Jadi peluang Anda untuk mendapatkan pengembalian yang besar sangat tinggi dan dapat segera menutupi biaya pengembangan.

Untuk pengajuan Kemungkinan biaya Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan dua jenis biaya, yaitu biaya eksplisit dan implisit.

1. Biaya jujur

Jenis biaya ini merupakan biaya yang jelas dan nilainya dapat dilihat secara langsung. Ini berarti bahwa biaya yang Anda keluarkan dalam memilih setiap opsi dapat dihitung dan ditentukan dengan jelas. Jadi sangat mudah untuk menghitungnya.

2. Biaya implisit

Sedangkan biaya implisit Menunjukkan jumlah potensi pendapatan yang hilang jika Anda tidak memilih alternatif terbaik. Biaya ini juga harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, penerapan Kemungkinan biaya Tidak hanya dari segi finansial, tetapi juga dari segi waktu, tenaga, kesehatan, dll. Misalnya saat memutuskan masuk atau tidak organisasi di kampus. Lebih mudah untuk bertanya pada diri sendiri apa yang akan terjadi jika Anda tidak memilih salah satu.

Di sisi lain, institusi kampus dapat menyita begitu banyak waktu, pikiran, dan tenaga sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar selama kuliah. Namun di sisi lain, institusi kampus menawarkan keunggulan seperti: jaringan Area luas, tambahkan pengalaman, tingkatkan keterampilan lunak Bahkan berkesempatan mendapatkan beasiswa. Nah, Anda harus memilih opsi yang tepat yang memberikan manfaat.

keuntungan Kemungkinan biaya

Ada banyak manfaat yang perlu dipertimbangkan Kemungkinan biaya. Manfaat ini meliputi:

1. Memfasilitasi prioritas

Kemungkinan biaya Ini dapat membantu Anda menetapkan prioritas. Karena selain mengetahui apa yang lebih mendesak untuk dilakukan, juga dapat membuat Anda melihat opsi mana yang mendatangkan lebih banyak manfaat dan keuntungan.

Misalnya, ketika Anda memilih kendaraan investasi seperti pembiayaan. Pastikan untuk memilih platform pembiayaan yang menawarkan pengembalian menarik. Selain itu, platform tersebut juga harus memiliki izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu platform pendanaan yang bisa Anda pilih saat ini adalah Investree. Investree adalah jembatan yang menyatukan Anda sebagai pemberi pinjaman (pemberi pinjaman) dan peminjam (Peminjam). Unduh aplikasi Investree for Lender sekarang di Google Play Store dan App Store. Pilih produk pembiayaan sesuai dengan preferensi Anda seperti pembiayaan pinjaman, sekuritas ritel, dan reksa dana pemberi pinjaman. Atau daftar melalui website resmi Investasikan untuk pemberi pinjaman.

2. Kurangi risiko

Risiko juga dapat diminimalkan dengan berpikir Kemungkinan biaya. Karena Anda meramalkan risiko yang akan Anda hadapi ketika memilih satu opsi. Jadi Anda akan lebih siap untuk mengambil risiko tersebut.

3. Hemat Biaya

Dana yang dikeluarkan dapat lebih dikurangi dengan menerapkan pertimbangan ini. Apalagi dengan membuat perhitungan biaya jujur Yang mana Anda dapat mengetahui secara langsung berapa perkiraan biaya saat memilih setiap opsi.

Akhirnya, Kemungkinan biaya Nilai yang hilang saat salah satu opsi yang tersedia dipilih. semoga bermanfaat

Referensi:

Arkan Perdana. 13 Januari 2021. Buat keputusan yang lebih cerdas dengan mengetahui biaya peluang. Glints.com: https://bit.ly/3CjIqwV