Berikut 6 Karakteristik Jasa yang Perlu Anda Ketahui


Ada banyak fitur layanan yang penting untuk diketahui. Tentu saja, karakteristik perusahaan jasa berbeda dengan perusahaan komersial. Dimana pelaku bisnis hanya menawarkan produk yang dapat disimpan, diraba, dan dilihat. Sedangkan konsumen perusahaan jasa baru dapat merasakan manfaatnya setelah menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempelajari ciri-ciri perusahaan jasa di bawah ini.

Karakteristik perusahaan jasa

1. Tidak memiliki produk fisik

Seperti disebutkan sebelumnya, entitas jasa tidak memiliki stok produk karena yang diperdagangkan adalah produk yang tidak terlihat secara fisik. Namun, konsumen akan merasakan manfaat dari layanan tersebut setelah menggunakannya.

Karena tidak adanya model fisik, konsumen mungkin akan kesulitan untuk memahami produk yang ditawarkan, proses saat menggunakan layanan, dan manfaat apa yang dapat diperoleh setelah mengkonsumsinya. Untuk itu, perusahaan jasa harus mengembangkan strategi manajemen yang tepat untuk menjadikan pelayanan “nyata” di mata konsumen melalui improvement Kesadaran merek. Serta melampirkan bukti kepuasan dari konsumen sebelumnya.

2. Layanan heterogen

Pada dasarnya, setiap klien atau klien dari sebuah perusahaan jasa akan menerima jenis layanan yang berbeda satu sama lain. Pelayanan yang mereka terima tidak sama persis karena bergantung pada harga dan kebutuhan konsumen yang telah diidentifikasi.

Perusahaan jasa seringkali menyesuaikan layanannya dengan uang tunai dan masukan dari konsumen yang hadir. Namun, meskipun jenis layanan berbeda untuk setiap pelanggan, mereka berhak mendapatkan layanan eksklusif.

Selain itu, sifat layanan yang heterogen akan memberikan respon yang beragam dari konsumen. Misalnya, seorang dokter yang baru saja menyelesaikan operasi dengan sukses akan mendapatkan pujian seperti Tuhan, sementara pasien lain mungkin kecewa karena obat yang diresepkan memberikan efek samping yang buruk.

3. Tidak ada harga pokok penjualan

Perusahaan menentukan harga jasa dengan memperhatikan jenis jasa dan kebutuhan calon pelanggan. Selain itu, tidak adanya kegiatan produksi barang juga merupakan salah satu ciri perusahaan jasa. Sehingga dalam laporan keuangan perusahaan jasa tidak akan ada tambahan informasi terkait harga pokok penjualan.

4. Tidak ada persediaan barang

Entitas layanan menyediakan layanan yang tidak dapat disimpan sebagai persediaan di masa depan karena tidak adanya entitas fisik. Permintaan dan penawaran layanan umumnya memiliki kerangka waktu yang singkat. Oleh karena itu, pelayanan harus diberikan kepada konsumen sesuai permintaan mereka.

Selain itu, perusahaan jasa cenderung minim risiko pencurian barang, kehilangan kualitas dan penguapan, seperti halnya produk yang sudah lama disimpan di gudang.

5. Tidak Ada Batas Kepemilikan

Mengingat konsumen hanya dapat mengakses penggunaan fasilitas layanan setelah penyederhanaan pembayaran, maka tidak ada batasan kepemilikan produk layanan. Sebagai ilustrasi, ketika Anda menggunakan transportasi umum dari satu tempat ke tempat lain, dan kemudian membayarnya, mobil yang Anda tumpangi bukan milik Anda.

6. Produksi dan konsumsi berjalan bersama

Di perusahaan jasa, proses produksi dan konsumsi beroperasi secara bersamaan. Misalnya, PLN, perusahaan penyedia tenaga listrik, wajib mendistribusikan produknya yang tidak dapat menyimpan listrik secara fisik. Proses distribusi tidak dapat ditunda di lain waktu.

Perusahaan jasa juga tidak membutuhkan perantara yang umumnya terdiri dari pengecer dan grosir. Dalam beberapa kasus, agen jasa berperan dalam menarik minat nasabah bisnis, misalnya untuk produk asuransi.

Ini adalah beberapa karakteristik layanan yang harus Anda pahami dengan baik. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis jasa, Anda dapat mengajukan pinjaman dari Investree yang disahkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree adalah jembatan yang menyatukan Anda sebagai peminjam (Peminjam) dan pemberi pinjaman )pemberi pinjaman). Selain proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan suku bunga dan biaya yang kompetitif berdasarkan itu Sistem peringkat kredit modern Mulai dari 1% per bulan. Daftarkan Investree sekarang dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal ini, Anda bisa mengembangkan bisnis jasa dengan lancar dan sempurna.

Referensi:

Tika Ulfianinda. 7 ciri-ciri perusahaan jasa yang harus diketahui. Mas-software.com: https://bit.ly/3239Vio