Apa Itu Bisnis Model Canvas? Simak Selengkapnya Disini!


Papan model bisnis adalah salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis Anda. Strategi bisnis ini sangat penting bagi Anda untuk bersaing dengan kompetitor agar Anda bisa memenangkan persaingan pasar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui bagaimana rasanya bekerja menggunakan contoh panel di bawah ini.

Memahami kanvas model bisnis

Business model board memiliki pengertian sebagai kerangka kerja manajemen dalam bentuk visual business outline yang berguna untuk merancang strategi bisnis yang akan diimplementasikan nantinya. Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder, seorang pengusaha dari Swiss.

Elemen Model Bisnis Kanvas

Model bisnis ini mengandung banyak elemen berguna untuk membantu Anda membuat rencana bisnis sebelum memulai bisnis. Dengan model bisnis ini, Anda sebagai perwakilan bisnis dapat dengan mudah mengidentifikasi ide-ide potensial dan mana yang tidak dengan item di dalamnya. Elemen-elemen ini terdiri dari:

1. segmen pelanggan

Elemen pertama adalah segmen pelanggan atau segmentasi pasar. Anda harus menciptakan dan memilih segmen pasar yang tepat bagi konsumen untuk produk yang ditawarkan. Misalnya ketika Anda ingin menjual pizza seharga Rp. 10 ribu hampir menentukan segmen pasar potensial bagi siapa saja, baik itu anak sekolah, pekerja kantoran, dll.

2. Situs berharga

Setelah menemukan dan menentukan segmentasi pasar yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengembangkan fitur produk secara detail. Sertakan juga keuntungan yang bisa didapatkan konsumen sesuai dengan segmen pasar dari produk yang Anda tawarkan.

3. saluran

Selanjutnya adalah memilih media atau saluran (saluran) Apa yang akan digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk. Apakah perlu membuat iklan di media seperti televisi atau hanya melalui media sosial.

4. Sumber pemasukan

Ini bisa dibilang komponen terpenting dari papan model bisnis. Sumber pemasukan Ini adalah elemen dimana bisnis selanjutnya dapat memperoleh pendapatan dari konsumen dan pelanggan. Jadi, pastikan Anda dikelola dengan baik dan maksimal agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

5. pemasok utama

Item ini berisi daftar sumber daya (Sumber daya) yang harus dimiliki dan direncanakan oleh pelaku komersial sejauh mungkin. Sumber daya yang terlibat meliputi sumber daya manusia, pengelolaan bahan baku untuk produksi, dan penataan modal operasi.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman dari investor yang berwenang dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree adalah jembatan yang menyatukan Anda sebagai peminjam (Peminjam) dan pemberi pinjaman )pemberi pinjaman). Selain proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan suku bunga dan biaya yang kompetitif berdasarkan Sistem peringkat kredit modern Mulai dari 1% per bulan. Daftarkan Investree sekarang dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal tersebut, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan lancar dan optimal.

6. CRM

Pastikan pelanggan Anda merasa nyaman bahwa mereka selalu setia pada produk Anda jika mereka benar-benar ingin mengembangkan bisnis mereka dalam jangka panjang. Terus menjaga hubungan baik dengan konsumen dan pelanggan agar tidak terjerumus ke produk pesaing.

7. Kegiatan dasar

Pada elemen ini, yang harus Anda lakukan adalah bagaimana membuat produk atau jasa yang Anda jual dikenal orang. Selanjutnya, lakukan aktivitas yang membuat bisnis Anda dapat diterima oleh masyarakat sebagai konsumen.

8. Kunci kemitraan

Melalui elemen-elemen tersebut, Anda dapat memiliki hubungan yang baik dalam siklus bisnis sesuai dengan tujuan bisnis. Misalnya seperti menjalin hubungan kolaboratif dengan bisnis orang lain sehingga kinerja bisnis Anda bisa meningkat.

9. struktur biaya

Anda perlu mengetahui bagaimana struktur pembiayaan perusahaan dapat berfungsi dengan baik untuk menghindari kerugian. Dalam hal ini, Anda harus mengelola biaya seefisien mungkin agar pengeluaran lebih hemat. Juga, pastikan laporan keuangan perusahaan disusun dengan baik sebagaimana mestinya.

Ini adalah penjelasan tentang apa yang terkandung dalam panel model bisnis dengan elemen-elemen di dalamnya. Model bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam berbisnis karena jauh lebih sederhana dalam penerapannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

wawasan bakat. Model bisnis dan sembilan elemennya membantu bisnis tumbuh. Talenta.co: https://bit.ly/3IgKg6d

Inspirasi yang bagus. Diagram model bisnis: apa itu dan bagaimana cara membuatnya? . niagahoster.co.id: https://bit.ly/3lDjiMm