6 Cara Praktis Membuka Usaha Makanan yang Cocok untuk Pemula


Sebagai pemula dalam bisnis makanan, tentunya Anda harus mengetahui cara membuka bisnis makanan. Perdagangan bahan makanan merupakan perusahaan dengan peluang yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga sangat dibutuhkan. Meski jumlah perwakilan di bisnis makanan sangat banyak, bukan berarti bisnis ini tidak menjanjikan.

Menariknya, pengelolaan bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan modal kecil bisnis ini bisa dikelola. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil. Yuk simak beberapa cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil berikut ini.

6 cara membuka bisnis makanan untuk pemula

1. Siapkan modal usaha yang dibutuhkan

Modal usaha merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha. Seperti disebutkan di atas, bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil. Sebagai modal yang dimiliki dapat digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan yang diperlukan, biaya operasional, dll. Agar modal yang Anda miliki cukup, disarankan untuk membuka usaha ini dalam skala kecil terlebih dahulu. Manfaatkan ruang rumah Anda untuk tempat kerja sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat dengan biaya yang cukup mahal.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis makanan, Anda dapat mengajukan pinjaman dari Investree yang disahkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree adalah jembatan yang menyatukan Anda sebagai peminjam (Peminjam) dan pemberi pinjaman )pemberi pinjaman). Selain proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan suku bunga dan biaya yang kompetitif berdasarkan itu Sistem peringkat kredit modern Mulai dari 1% per bulan. Daftarkan Investree sekarang dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal ini, Anda bisa mengembangkan bisnis makanan Anda dengan lancar dan optimal.

2. Tentukan menu yang akan dijual

Perhatikan juga daftar makanan yang akan dijual. Mengingat banyak sekali menu makanan yang biasa dijual, seperti menu makanan rumahan, ayam jebriek, makanan luar negeri, makanan tradisional dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Disarankan untuk menjual item menu yang tidak banyak dijual. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat persaingan agar memperoleh return yang signifikan.

3. Pilih lokasi yang tepat

Cara membuka usaha makanan selanjutnya adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Meskipun ini adalah bisnis rumahan, pastikan rumah Anda berada di lokasi yang strategis. Artinya rumah Anda berada di tempat yang ramai dan mudah dijangkau. Hal ini agar orang mudah mengetahui bisnis Anda dan dapat memiliki banyak pelanggan dengan cepat.

4. Tentukan target pemasaran

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis ini adalah menyediakan jenis bisnis makanan dengan target pasar. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis ini, Anda harus menentukan target pasar yang spesifik. Tujuannya agar Anda lebih fokus menggaet banyak konsumen yang menjadi bahan promosi.

5. Pilih pemasok bahan baku tetap

Saat memproduksi makanan berarti Anda membutuhkan bahan baku. Untuk menjaga kualitas makanan, disarankan untuk memilih bahan baku yang berkualitas tinggi. Anda harus mencari pemasok bahan baku berkualitas tinggi. Pilih pemasok bahan baku yang akan digunakan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikreasikan memiliki cita rasa yang konsisten dan bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena sudah menjadi pelanggan tetap.

6. Promosikan dengan benar

Promosi adalah cara paling efektif untuk mempresentasikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Promosi yang paling efektif dan masih menjadi andalan adalah dari mulut ke mulut. Jika menu yang dijual rasanya enak, konsumen akan puas dan menjadi pelanggan setia. Anda juga dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan kehadiran media sosial.

Itulah beberapa cara membuka usaha makanan yang cocok untuk pemula. Bagi yang berencana membuka usaha makanan, disarankan untuk menerapkan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Fransiska Ardela, ST. 13 Januari 2020. 13 cara memulai usaha kuliner yang sukses untuk pemula. Finansialku.com. https://bit.ly/3dPbouM